Getting to know me

My photo
My life is a living testimony of what God can do to a human being.

Friday, 23 July 2010

Reputasi diatas segalanya

Sudah dengar kabar terakhir dari fashion designer kondang Ibu kota, Adjie Notonegoro yang ditangkap atas dasar tuduhan penipuan uang?
Kisah singkatnya begini, konon beliau dipercaya salah satu temannya untuk menjualkan berlian senilai Rp 3.1 milliar, berlian itu ternyata sudah laku terjual senilai Rp 900 juta tapi belum diberikan kepada pemilik berlian, dan ini sudah berlangsung selama 2 tahun. Maka akhirnya, beliau dijebloskan ke dalam penjara.
Bulan July ini, saya dipercaya untuk memegang project Fiori lingerie contest untuk ESMOD student. Beberapa hari lalu adalah hari penjurian untuk penentuan finalist. Adapun jury yang hadir selain perwalian dari Fiori, juga hadir bung Samuel Wattimena, salah satu fashion designer kebanggaan Indonesia juga.
Begitu beliau masuk, disuguhkan kopi, topik yang pertama dibicarakan adalah musibah Adjie Notonegoro masuk penjara. Dan tamu-tamu lainpun ikut berbagi cerita (read: ikut nggosip)
Ternyata hal ini bukan hal yang baru dari seorang AN. Memang lifestylenya boros dan high end, lebih tepatnya lebih besar pasak daripada tiang. Hutang piutang, pemalsuan brand, menunda pembayaran, tidak menggaji pegawai untuk waktu yang lama (hampir setahun) pun sudah bukan hal yang asing. "Memang dia begitu" itulah komentar celutakan mengenai AN. "AN sering menjadi personal stylist dan personal shopper yang membelikan branded accesories, bag, shoes di luar negri. Tapi kenyataannya, dia belinya di mangga dua" ini kata salah satu mantan asistenya 10 tahun lalu.
Samuel Wattimena menambahkan "Client AN itu ibu2 pejabat, istri2 pembesar di Indonesia, artis2 Jkt. Seandainya AN orang yang "lurus", pasti dia akan menjadi designer terkaya di Indonesia"

Amsal 22:1         Proverbs 22:1
"A good name is more desirable than great riches. To be esteemed is better than silver or gold"

Ini adalah ayat Alkitab yang saya baca pagi ini (sesuai tanggal). Saya teringat kasus AN, Untuk semua yang sudah dibangun bertahun-tahun dengan biaya tak terhitung, hancur begitu saja karena character problems dan disintegritas. Tidak ada 1 hal baikpun yang saya dengar mengenai beliau. Bukan karena dia tidak memiliki hal yang baik di dirinya, tapi ketika orang melakukan 1 hal buruk, semua hal baik yg dikerjakan seperti terlupakan begitu saja. Mungkin terdengar tidak adil dan jahat sekali, tapi itulah yang terjadi di dunia ini.

Nama baik, reputasi, dan track record itulah modal kita untuk hidup sukses di masa depan.
Reputasi baik dilahirkan dari kepribadian dan sikap yang benar. Dan semua dimulai dari pikiran. Bagaimana kita membentuk (dan membiarkan itu terbentuk) dari lingkungan, sistem kepercayaan, dan pengaruh pendidikan. Situasi buruk, keluarga yang tidak harmonis, dan finansial lemah bukan alasan untuk seseorang memilih jalur hidup burk yang kemudian menjadi gagal.

No comments:

Post a Comment